Mengenal Maastricht Lebih Jauh

Mengenal Maastricht Lebih Jauh

Maastricht? Dimana tuh ya?

Kota kecil yang berada di selatan Belanda dan merupakan ibukota dari provinsi Limburg ini memang tidak pernah mengecewakan. Berbagai keunikan dan keragaman ditawarkan secara apik sehingga banyak wisatawan yang rela datang dari jauh untuk berlibur ke kota Maastricht. Uniknya, butuh waktu kuranglebih 2 jam bagi warga Amsterdam untuk pergi dengan kereta menuju Maastricht dan dibutuhkan waktu yang sama pula bagi warga Perancis untuk pergi ke Maastricht. Berada di perbatasan, memberi keuntungan tersendiri bagi Maastricht maupun penduduknya untuk bepergian lintas negara terdekat, yaitu Belanda dan Jerman. Ditambah lagi adanya kemudahan akses transportasi dengan kereta maupun bkamur udara Maastricht-Aachen yang tidak terletak jauh dari Maastricht dan membuat kota ini semakin terkenal.

img_0899a

Dipisahkan dengan Meuse River yang indah tentu menambah sisi cantik dari kota Maastricht itu sendiri. Empat jembatan utama dapat dipakai untuk menyeberang ke masing-masing sisi kota. Salah satunya adalah jembatan khusus pedestrian dan pengendara sepeda, Sint Servaasbrug yang dilansir sebagai jembatan tertua di Belanda. Maastricht juga memiliki banyak gedung dengan Roman-style dan juga tidak lupa adanya gerbang kota tertua di Belanda, bernama Helpoort yang telah dibangun sejak abad ke-13. Maastricht juga dikatakan sebagai salah satu kota tertua di Belanda.

img_0845
img_1303

Dari dulu, Maastricht telah dikenal karena adanya Maastricht Treaty, lahirnya European Union, European citizenship, dan juga mata uang Euro. Sedangkan sekarang ini, Maastricht lebih dikenal sebagai kota sejarah, kebudayaan, cerita rakyat lokal, dan juga pendidikan. Maastricht juga menjadi salah satu kandidat untuk kota budaya di Eropa untuk tahun 2018. Hal ini diperkuat juga dengan banyaknya pameran seni dan kebudayaan di Maastricht. Salah satu event terbesar di Maastricht, adalah TEFAF(The European Fine art Fair), pameran kesenian yang diadakan setahun sekali dan menarik perhatian bagi para pekerja seni, kolektor seni, atau penikmat seni dari seluruh dunia.

Mungkin banyak orang heran mengapa Maastricht dengan luas 60 km2 dan memiliki kurang lebih 120.000 penduduk ini selalu ramai dan tidak pernah sepi. Jawabannya tentu saja mudah, adanya universitas-universitas Internasional dan juga perusahaan besar di Maastricht membuat banyak pendatang khususnya pelajar dari luar Belanda untuk menuntut ilmu di Maastricht. Bercampurnya orang lokal, pelajar, turis, semakin membuat kota ini semakin hidup di pagi, siang, dan juga malam hari. Hal ini membuat Maastricht menjadi kota yang tidak mungkin dilupakan dari daftar kota yang harus dikunjungi jika kamu ke Belanda. Membutuhkan waktu yang lama untuk pergi ke sini, tapi yang jelas worth to visit !

One thought on “Mengenal Maastricht Lebih Jauh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *