Transportasi Umum di Kota Maastricht

Image

Salah satu julukan untuk Negeri Belanda adalah Negeri Sepeda. Sama seperti di kota Belanda lain pada umumnya, bersepeda merupakan salah satu mode transportasi favorit di Maastricht. Para pengguna sepeda juga sangat diperhatikan dengan adanya infrastruktur khusus untuk jalan sepeda mereka.

Selain bersepeda, untuk jalur yang cukup jauh, kita bisa juga menggunakan alat transportasi lain yaitu bis. Transportasi umum ini beroperasi dari jam 06:00 – 24.00, kecuali pada hari Minggu, mulai beroperasi jam 07.00 pagi. Untuk mendapatkan update jadwal bis serta nomor bis yang bisa kita naiki, kita bisa mendapatkan informasi tersebut melalui www.9292.nl. Setelah kita memasuki alamat website tersebut, kita dapat memasukkan lokasi awal dan lokasi tujuan serta estimasi waktu keberangkatan atau waktu tiba yang diinginkan.

Website ini akan memberikan informasi opsi keberangkatan pada jam-jam terdekat, halte bis terdekat lokasi awal, nomor bis yang harus dinaiki serta informasi waktu yang akan ditempuh dan estimasi biaya bis tersebut.

Contoh tampilan www.9292.nl

 Image

(source picture: www.9292.nl)

Pada setiap halte bis di Maastricht, tersedia informasi nomor-nomor bis yang akan berhenti pada halte tersebut, diikuti dengan halte bis yang akan menjadi jalur pemberhentian bis tersebut, serta estimasi jadwal kedatangan bis di halte lokasi awal tersebut. Berikut adalah contoh tampilan informasi jadwal bis yang tersedia di halte:

 Image

 Posisi halte bis ditunjukkan dengan bullet point merah yang menunjukkan halte “Markt” dan halte berikutnya yang akan dilewati adalah yang berformat bold.

Transportasi umum di Belanda menggunakan OV-chipkaart untuk pembayaran. Bentuk smart card ini sebesar kartu debit/kredit bank dan mempunyai chip invisible. Salah satu cara membelinya adalah dengan memesan via website www.ns.nl . Ada dua pilihan kartu yaitu anonymous  dan personal card. Supaya bisa mendapatkan diskon kereta 20% atau 40% maka kamu harus order personal card, dengan cara daftar melalui website, mengirim biodata beserta foto, membayar kartu seharga 7,5 euro (harus memakai debit card dutch bank, jadi bersabarlah sampai kartu bank sudah di tangan) . Jika mau menggunakan diskon kereta, maka kamu harus membayar biaya tambahan  berlangganan sebesar 50 euro per-tahun. (worth to buy kalau kamu berencana travel keliling Belanda, lumayan berguna diskonnya). Untuk menggunakannya OV-chipkaart ini harus diisikan saldo terlebih dahulu dan mesin pengisiannya dapat dengan mudah ditemukan di banyak tempat di Maastricht, beberapa contohnya yaitu di Maastricht Train Station / di supermarket Albert Heijn atau mungkin di gedung fakultas kamu.

 Image

(source picture: http://www.ns.nl/reizigers/ovchipkaart)

Ketika menaiki bis, yang harus dilakukan adalah proses check-in dengan melakukan tapping kartu OV-chipkaart pada mesin yang tersedia di pintu masuk bis. Bila proses berhasil, lampu hijau pada mesin akan menyala. Pada tahap ini, sejumlah 4 Euro akan dipotong dari OV-chipkaart. Pastikan saldo minimal yang tersedia pada kartu 1 Euro untuk dapat menaiki bis. Proses check ini akan diawasi oleh pengemudi bis langsung.

Di dalam bis, tersedia layar yang memberikan informasi jalur dan posisi bis setiap saat, ketika halte yang dituju akan segera dilewati, jangan lupa menekan tombol “STOP” yang tersedia di beberapa tempat di dalam bis untuk memberikan informasi pada pengemudi bis. Pada kondisi tidak ada penumpang yang ingin turun dan tidak ada calon penumpang di halte tujuan, bis biasanya tidak akan berhenti di halte tersebut.

Ketika bis sudah akan berhenti di halte tujuan, jangan lupa lakukan proses check out dengan menempelkan kembali kartu OV-chipkaart di mesin yang tersedia di dekat pintu keluar. Pada proses ini, akan tertera pada layar jumlah biaya bis yang dihitung berdasarkan jarak, dan biaya ini akan dihitung dari deposit 4 euro yang sudah dipotong ketika menaiki bis, selebihnya akan dikembalikan di dalam kartu OV-chipkaart tersebut.

 Image

(source picture: http://www.ovpro.nl/management/2012/08/29/klachten-over-ov-chipkaart-blijken-structureel/)

Jika kita belum mempunyai kartu OV-chipkaart, kita tetap dapat menggunakan bis dengan membayar langsung pada pengemudi bisnya sejumlah 2 euro untuk satu kali trip, tentunya kalau pakai OV-chipkaart akan sedikit lebih murah.

Selain bis, ada opsi untuk menggunakan kereta untuk tempat-tempat yang berdekatan dengan lokasi stasiun. Maastricht mempunyai dua stasiun kereta api yaitu Maastricht Central Station dan Maastricht Randwyck. Jarak antara kedua stasiun ini dapat ditempuh dalam jarak 3 menit dengan menggunakan Stoptrein.

 

Tidak seperti kota lainnya di Belanda, Maastricht tidak mempunyai lajur Tram & Metro.

Last but not least, opsi terakhir yang bisa ditempuh adalah dengan berjalan kaki untuk jarak yang masih tolerable 🙂

Written by Carissa

Headline Image captured by Vania @ Het Parcour ~ Maastricht

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *